QUIZ 2

4. sebutkan 10 perangkat jaringan wireless dan jelaskan fungsi dari perangkat tersebut?

– WiFi 802.11g : merupakan spektrum dasar yang paling banyak digunakan untuk menangani permasalahan seputar konektivitas saat ini, teknologi ini mampu melakukan transfer data hingga kecepatan maksimal 54 mbps, atau sekitar 6.75 MBps
– WiFi 802.11n : merupakan teknologi WiFi yang paling cepat, karena mampu menangani transfer data hingga kecepatan maksimal 300 Mbps
– Bluetooth standar : perangkat yang paling sering kita temui di gadget seperti HandPhone maupun perangkat elektronik lainnya, memiliki kecepatan transfer maksimal hanya 3 Mbps
– Bluetooth 3.0 : generasi penerus dari bluetooth standar diatas, teknologi ini memungkinkan transfer data hingga 24 Mbps
– Wigig : baca artikel ==> wigig, hostspot supercepat, untuk mengetahui lebih jauh seputar wigig
– Wireless USB : memiliki kecepatan transfer hingga 110 Mbps dalam radius 10 meter, dan pada radius 3 meter, kecepatannya meningkat hingga 4 kali lipat, yaitu menjadi 480 Mbps
– Wireless HD : Teknologi ini khusus bagi pecinta film atau penggemar video berdefinisi tinggi (High Definition), pada jarak 10 meter, kecepatan transfernya hingga 4 Gbps, namun menurut teori kecepatan transfernya justru bisa menembus 25 Gbps
– Zigbee : teknologi standar wireless yang dikatakan paling hemat daya (listrik) karena hanya mampu menghandle transfer data dengan kapasitas kecil saja, namun teknologi ini memiliki keunggulan, yaitu dapat menyampaikan respon suatu instruksi dengan cepat, contohnya pada remote control.

5. sebutkan 10 internet service provider (ISP) layanan wireless yang ada di indonesia?

– PT. Raja Sepadan Abadi
– PT REMALA ABADI
– PT. Cyberplus Media Pratama
– Kings Network Indonesia
– D`NET
– VISTAINTERDATA.NET
– SkyLinx Net Indonesia
– PT.Hipernet IndoData
– Roadstarinternet.com
– BroadLink.

7. sebutkan 5 perangkat VOIP beserta fungsinya ?

– Protocol : mengatur komunikasi diantara beberapa komputer didalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi.
– VoIP Server : menghubungkan banyak titik komunikasi server.
– Soft Switch :meliputi fungsi Switching,kontrol,pensinyalan,dan interface.
– Soft Phone : aplikasi yang memungkinkan penggunaan untuk melakukan penggilan telefon secara langsung dari komputer.
– VoIP Gateway Protocol :

10. sebutkan macam-macam antena minimal 10 macam lengkap dengan fungsinya maisng-masing tiap antena?

– Antena Grid
antena ini merupakan salah satu antena wi-fi yang populer,biasa digunakan poit-to-point. sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik tertentu sesuai pemasangan. Komponen penyusunannya :
1) Reflektor
2) Pole
3) Jumper, fungsinya menghubungkan antena engan radio.
– Antena Sectoral
antena sectoral mirip dengan antena omnidirectoral, yang digunakan juga utuk accsess point to serve a point-to-point (P2MP links. Dpat menampung hingga 5 cliet. Bberapa antena sectoral dibuat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.
– Antena Flat
Fungsinya sama seperti antena grid yaitu memfokuskan ke satu titik. antena ini hanya digunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang jauh frekuensinya yag kecil.
– Antena Rocket
Fungsinya Point-to-pointmemiliki jangkauan sinyal yang jauh,produk wireless ubiquiti. menggunakan radio rocket M%, cara setinggnya menggunakan browser.
– Antena Omidirectional
Antena Omidirectional  yaitu jenis antena yang memiliki pola pemancar sinyal kesegala  arah dengan daya yang sama, untuk menghasilkan cakupan area yang luas.
– Antena Omni
Fungsi utama antena ini adalah untuk memperluas are coverage sinyal,bukan untuk memperkuat sinyal, biasanya dignakan sebagai antena transmitter atau hotspot.
– Antena Omni Slotted Maveguide
Antena omni slotted maveguide ini merupakan salah satu antena omni directional untuk memancarkan sinyal wireless LAN 2,4 Ghz dengan polarisasi horizotal memiliki kemampuan yang sangat bagus dan mampu meningkatkan jangkauan yang lebih jauh.
– Antena Yagi
Antena yagi terbagi dari tiga bagian, yaitu :
1)Driven, adalah titik catu dari kabel antena, biasanya panjang fisik driven adalah setengah panjang gelombang dari frekuensi radio yang dipancarkan atau diterima.
2)Reflektor, adalah bagian belakang antena yang berfungsi sebagai pemantul sinyal, dengan panjag fisik lebih panjang dari pada driven.
3)Director, adalah bagian pengarah antena, ukurannya sedikit lebih pendek dari pada driven.
– Antena Parabolik
Dipakai untuk jarak menengah dan jarak jauh, kecepatan akses datanya berkisaran 18db sampai 28db
*kelebihan antena parabola
1. Dapat digunakan untuk menerima 3 satellite sekaligus tanpa harus menggerakan antena.
2. Dapat menampilkan gambar dari semua TV dari satelit yang ditangkap dalam sekejap.
3. Kondisi permanent sehingga tidak gampang goyah terhadap posisi.
4. Signal quality dapat maksimum
*Kekurangan antenna parabola
1. Tidak dapat digunakan menangkap setelit lebih dari 5
2. Membutuhkan lebih banyak LNBF
3. Channel yang diterima lebih sedikit

11. jelaskan sejarah perkembangan teknologi GSM di dunia dan di indonesia?

– sejarah dunia : 1982 konferensi administrasi pos dan telekomunikasi eropa (CEPT) memulai pembangunan groupe special mobile.1987 regulator dan operator se-eropa menandatangani MOU tentang GSM. 1 juli 1991 jaringan GSM pertama di radiolinja filandia, dibuka secara resmi. 1992 semua operator eropa memulai pengoperasian jaringan GSM secara komersil.
– sejarah nasional : 1993 pemerintah membuat project pilot GSM pertama di batam. 1994 satelindo beroperasi.1995 telkomsel beroperasi. 1996 excelcomindo. 2001 GPRS di luncurkan IM3. 2004 EDGE diluncurkan oleh telkomsel.

13. apa yang anda ketahui tentang HSDPA dan HSUPA jelaskan?

– HSDPA : HSDPA (High Speed Downlink Packet Accsess merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G.
– HSUP yaitu singkatan dari High Speed Uplink Packet Accsess, yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh : kecepatan UPLOAD foto ke facebook. blog dan sebagainya

14. sebutkan fungsi perbedaan dari LTE dan EVDO rev.C ?

– LTE (Long Tern Evolution) merupakan teknologi 4G yakni sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang didasarkan pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA dimana terjadi peningkatan dalam hal kapasitas dan kecepatan dengan mengguakan teknik modulasi baru.
– EVDO Rev.C Revisi C akan mendukung skalabilitas channel bandwidht yang fleksibel dan dinamis dari 1,25 MHz sampai 20 MHz dan akan mundur kompatibel dengan revisi A dan B. saat ini ,3GPP2 sedang mengevaluasi berbagai usulan, yang meliputi OFDM, MIMO, dan teknik SDMA interferensi pembatalan, dengan harmonisasi proposal akan selesai pada bulan juni tahun ini. Revisi C tidak hanya akan meningkatkan tingkat puncak hingga 200 Mbps di downlink tetapi juga akan memberikan keuntungan yang signifikan dalam throughput sektor.

15. sebutkan 20 kartu seluler ( GSM dan CDMA ) yang ada di indonesia ?

– Kartu AS                      – Bebas
– simpati                          – Jempol
– Kartu HALLO                – 3 (Three)
– Indosat                         – Axis
– Mentari                         – Smart
– im3                                – Fren
– Matrix                             – Ceria
– Star One                        – Flexy
– Star One Pascabayar    – StarOne
– XL                                  – Hepi

sumber : http://www.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s