Wimax

Penjelasan WiMax
menurut james A. Johnson (vice president, intel comunication group / general manager, wireles networking group), istilah wimax berasal dari singkatan wireles (disingkat wi) microwave acces (disingkat max). wimax dibangun berdasarkan standar yang dibuat oleh IEEE (Institut of Electrical and Electronics Engineers). Dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi. Wimax memungkinkan akses terhadap aneka aplikasi multimedia seperti video streaming via koneksi nirkabel. wimax menyerupai WI-FI dalam hal penggunaan teknologi.

Perbedaan WI-FI dan WiMax :
perbedaan antara keduanya terletak pada pembagian spektrum yang dipakai,dan pada penggunaan frekuensi berlisensi dalam WiMax. meskipun WiMax dan Wi-Fi juga menggunakan salah satu frekuensi free license (5,8GHz)
Wi-Fi umumnya bekerja pada frekuensi 2,5GHz (free License), tidak mampu bekerja dengan sinyal pantulan dan harus bekerja tanpa halangan obyek.
WiMax merupakan standar IEEE 802.16 yang membawahi aneka standar turunannya Standar ini mengatur penggunaan perangkat nirkabel untuk keperluan jaringan perkotaan.standar ini khususnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan jaringan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi ataw BWA (broadband wireless acces) sehingga memungkinkan peningkatan daya keluaran perangkat WiMax agar bisa menjangkau jarak yang lebih jauh.

Kelebihan dan Kekurangan WiMax

Kelebihan yang dimiliki jaringan WiMax :
1.Jarak jangkau jauh mencapai maksimal 50km dengan jarak jangkauan 7-10km, tidak ada masalah ‘hidden node’. Karena layer PHY pada standar IEEE 802.16d tahan tahap 10 multipath delay spread.
2.daerah jangkauan dioptimalkan untuk outdor yang didukung denga teknologi smart antenna,modulasi adaptif dan menggunakan topologi jaringan mesh.
3.QoS untuk layanan data,video dengan dukungan Grant/Request MAC dan differential service : E1/T1 untuk pelanggan bisnis data best effort untuk residential.
4.Interoperability perangkat sehingga operator atau penyedia layanan tidak tergantung pada satu vendor untuk pengadaan perangkat sehingga biaya dan resiko invertasi dapat lebih rendah atau ditekan.

Kekurangan yang dimiliki jaringa WiMax :
1.Seperti terjadi dengan negara lain di dunia, maka pemerintah indonesia pun belum menentukan frekuensi WiMax yang akan digunakan.Kemudian besar vendor pertama kali membuat perangkat WiMax di frekuensi 3,5 Ghz.
2.Teknologinya masih berkembang terus,sehingga bisa salah investasi.
3.telalu banyak jenis perangkat yang tidak saling kompatibel.
4.Dibutuhkan pengalaman untuk memasang perangkatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s