penjelasan teknologi di film Echelon confira Conspiracy

saya sudah nonton film Echelon confira Conspiracy dan sekarang saya akan menceritakan film ini Pada intinya Film ini menceritakan tentang suatu system berbentuk handphone GZT 650 yang berintegrasi dengan suatu jaringan yang mecakup Negara-negara Komunitas UKUSA seperti Australia, Kanada, Selandia baru, Inggris dan Amerika serikat.

Berikut ini saya akan membahas beberapa teknologi yang ada pada film tersebut

1. Echelon

ECHELON adalah nama yang digunakan dalam media global dan budaya populer untuk menjelaskan suatu kegiatan pengumpulan dan jaringan analisis intelijen signal (SIGINT) yang dioperasikan atas nama lima negara penandatangan dalam Persetujuan Keamanan Inggris-AS (Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat, yang dikenal sebagai AUSCANZUKUS). Echelon juga dideskripsikan sebagai satu-satunya sistem perangkat lunak yang mengontrol dan mengunduh dan menggunakan intersepsi dari saluran komunikasi satelit komersial.

Sistem ini telah dilaporkan di beberapa sumber publik. Kemampuan dan implikasi politiknya ditelaah oleh suatu komite Parlemen Eropa selama 2000 dan 2001 dengan laporan yang diterbitkan tahun 2001, dan oleh penulis James Bamford dalam bukunya di Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat.

Dalam laporan ini, Parlemen Eropa menyatakan bahwa istilah ECHELON digunakan dalam sejumlah konteks, tetapi bukti yang disajikan menunjukkan bahwa itu merupakan nama dari suatu sistem pengumpulan intelijen. Laporan menyimpulkan bahwa, berdasarkan informasi yang disajikan, ECHELON mampu melakukan intersepsi dan memeriksa isi dari panggilan telepon, fax, e-mail dan lalu

lintas data lainnya secara global melalui intersepsi saluran komunikasi termasuk transmisi satelit, jaringan sentral telepon publik (yang menyalurkan sebagian besar lalu lintas internet) dan link microwave.

Bamford menjelaskan sistem tersebut sebagai perangkat lunak yang mengontrol pengumpulan dan distribusi lalu lintas telekomunikasi sipil yang disalurkan melalui satelit komunikasi, dan pengumpulan dilakukan oleh stasiun-stasiun bumi (di bagian downlink).

2. Handphone GZT 650

Sekilas benda ini terlihat seperti Kaca bening yang tembus pandang. Tapi sebenarnya kaca bening yang kita lihat pertama kali ini ternyata adalah sebuah handphone  yang mirip dengan konsep handphone nokia GZT 650. yang dikenal sebagai GZT 650 menyerupai Nokia Aeon sangat banyak dan depan dibagi menjadi 2 segmen, seperti pada Nokia konsep terkenal. Dua segmen yang dipisahkan oleh garis logam dan bagian atas layar akan transparan dan di bagian bawah keypad

Handphone ini mempunyai fitur GPS yang terkoordinasi dengan MTS, Microsoft Transaction Server. MTSadalah fitur dari Microsoft Windows NT Server, suatu sistem operasi yang mengijinkan perkembangan dan penyebaran dari server dengan menggunakan teknologi Microsoft Component Object Model (COM).. MTS sendiri punya fitur yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam berkendara.. ketika kita menyetir mobil

3. GPS

Berikut ini pengertian dan cara kerjanya :

GPS atau Global Positioning System dalam pengertian sederhana adalah salah satu sistem yang akan membantu kita untuk mengetahui posisi kita berada saat ini. GPS bekerja dengan menstransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS (handphone atau Blackberry yang dilengkapi teknologi GPS misalnya). Untuk memperoleh detil posisi yang seakurat mungkin, GPS sebaiknya digunakan di ruang terbuka Penggunaan GPS di dalam ruangan, hutan ataupun di tempat yang banyak gedung-gedung tinggi, akan membuat GPS bekerja kurang akurat.

Informasi GPS ditransmisikan oleh beberapa satelit (tiga satelit misalnya) sehingga GPS receiver mampu mengkalkulasi dan menampilkan seakurat mungkin posisi, kecepatan dan informasi waktu kepada pengguna GPS.

Teknologi GPS pertama kali digunakan oleh United States Departement of Defense (DOD) untuk kebutuhan militer. Sistem GPS mulai digunakan sejak tahun 1980, namun pemakaian secara umum oleh publik baru sekira tahun 1990-an.

Keistimewaan GPS adalah mampu bekerja dalam berbagai kondisi cuaca, siang atau malam. Keakuratan sebuah perangkat GPS bisa mencapai 15 meter, bahkan model terbaru yang dilengkapi teknologi Wide Area Augmentation System (WAAS) keakuratannya sampai 3 meter.

Jika handphone, blackberry atau mungkin Motorola Milestrone / Android anda telah dilengkapi dengan fitur GPS, maka anda bisa melihat posisi anda berada saat ini di maps (Google Maps, misalnya), bahkan anda bisa menentukan berapa lama perjalanan anda dari suatu tempat ke tempat lain, terus anda juga bisa mengukur berapa kecepatan kendaraan anda, dan tentunya anda juga diberi petunjuk jalan yang mesti dilalui, berapa liter bensin yang dibutuhkan untuk anda bisa sampai ketujuan. Ada berbagai banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari GPS di handphone anda, apalagi dengan dukungan berbagai aplikasi, yang tentunya bisa memudahkan anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Security Camera (CCTV)

CCTV Camera Surveillance System
Video surveillance System atau di sebut Closed Circuit Television System berfungsi mengontrol semua kegiatan secara visual (audio visual) pada area tertentu yang dipasang suatu alat berupa kamera. Yang fungsinya secara lansung dapat mengawasi, dan mengamati serta merekam kejadian di suatu tempat, ruangan atau area tertentu,
Alat ini terdiri dari : kamera, digital video recorder, dan monitor yang terintegrasi dalam suatu system jaringan secara online.

Tujuan dari setiap orang menggunakan CCTV adalah untuk memantau daerah yang luas dan mungkin jauh dari suatu lokasi yang sulit di control dan dijangkau pada saat waktu yang bersamaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s